ryuautobot’s blog

Temukan informasi menarik cuma disini

Es Goyobod, Minuman Segar Yang Cocok Untuk Berbuka Puasa

f:id:ryuautobot:20160806163336j:plain

Jawa barat memiliki minuman yang sangat segar yaitu es goyobod. Minuman ini memiliki bahan yang sangat unik sekali yakni dengan adanya adonan kue hankwe atau kanji yang dipotong-potong dan dimasukkan dalam minuman. Nah kue hankwe ini juga yang jadi ciri khas nya dibandingkan dengan minuman segar lain.

Es goyobod ini enak diminum kapan saja, tapi banyak orang yang lebih mencari atau memburunya saat waktu puasa tiba buat berbuka puasa tentunya. Minuman selain segar juga sangat menyehatkan karena juga ada buah buahannya juga. Inilah resep es goyobod seperti yang dilansir dari buletinresep.

Bahan-bahan:

    100 gram tepung hunkwe
    600 ml air daun suji

Bahan Sirup:

    300 ml air
    2 lembar daun pandan yang telah di cuci bersih
    225 gram gula pasir
    1/2 sendok teh garam

 Bahan untuk penyajian:

    1 buah alpokat, keruk daging buahnya
    1 buah kelapa muda, keruk daging buahnya
    80 gram kolang-kaling yang sebelumnya sudah diseduh dengan panas
    100 gram tape ketan hitam
    100 gram tape singkong
    Susu kental manis secukupnya
    Es batu  / es serut secukupnya

 Cara membuat es goyobod bandung yang segar yaitu:

  1. Langkah pertama, buat adonannya caranya ialah rebuslah hunkwe dengan air daun suji dengan menggunakan api yang sedang. Masaklah sambil diaduk-aduk sampai kental dan mendidih.
  2. Setelah itu angkat lalu tuang kedalam loyang. Biarkan sampai dingin dan mengeras, kemudian potong-potong. Sisihkan terlebih dahulu.
  3. Berikutnya buat sirupnya caranya ialah rebus air , gula pasir, garam dan juga daun pandan. Lalu aduk-aduk dan masak terus sampai mendidih dan gualnya larut. Angkat lalu saring airnya.
  4. Terakhir tinggal menyajikannya saja, caranya siapkan wadah atau mangkuk. Masukkan es batu serut, potongan hunkwe, kerukan daging buah alpokat dan kelapa muda, tape singkong, tape hitam. Setelah itu, tuangkan kedalamnya, sirup dan juga susu kental manis.
  5. Es goyobod khas bandung pun siap untuk dinikmati.

Sumber : http://buletinresep.blogspot.com/2015/06/resep-es-goyobod-bandung.html